Senin, 10 Oktober 2011

Tujuan Pendidikan

APAKAH TUJUAN PENDIDIKAN SUDAH TEREALISASIKAN ?


A.    Pengertian Pendidikan
Secara etimologis kata pendidikan berasal dari kata didik yang dalam kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI)  diartikan sebagai mendidik dan memberi ajaran atau tuntunan mengenai tingkah laku, kesopanan dan kecerdasan pikiran. Pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
selain itu , dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.  Tirtarahardja dalam bukunya yang berjudul Pengantar Pendidikan menguraikan empat macam batasan pendidikan menurut fungsinya yaitu
1.      Pendidikan sebagai proses transformasi kebudayaan
2.      Pendidikan sebagai proses pembentukan kepribadian
3.      Pendidikan sebagai proses penyiapan warga negara
4.      Pendidikan sebagai proses penyiapan tenaga kerja
Berdasarkan beberapa pengertian diatas dapatlah disimpulkan bahwa pendidikan merupakan suatu usaha yang didasarkan atas kesadaran yang terencana secara sistematis guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu perubahan tingkah laku peserta didiknya.
B.     Tujuan Pendidikan dan Jenis-Jenisnya
Tujuan pendidikan merupakan sesuatu yang ingin dicapai melalui kegiatan pendidikan. Tujuan pendidikan ini pada hakikatnya memiliki 2 fungsi yaitu
1.      Sebagai sesuatu yang ingin dicapai.
Artinya tujuan pendidikan dipandang sebagai target yang harus dicapai pada akhir kegiatan pendidikan. Dengan adanya tujuan ini akan memotivasi segenap pelaku pendidikan untuk terus berusaha memenuhi tuntutan pendidikan yang tertuang dalam tujuan pendidikan tersebut.
2.      Sebagai petunjuk atau memberikan arah kepada setiap kegiatan pendidikan
Artinya tujuan pendidikan dipandang sebagai pedoman bagi setiap pelaku pendidikan agar dalam melaksanakan kegiatannya tetap mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan dan tidak menyimpang. Dengan adanya tujuan pendidikan maka segenap pelaku pendidikan akan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan rumusan tujuan tersebut dan menjadi pengikat bagi pelaku pendidikan agar tidak keluar dari jalur yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam kurikulum pembelajaran, tujuan merupakan sesuatu yang sangat penting dan menjadi sentral bagi pelaksanaan pembelajaran sebab tujuan pembelajarn merupakan arah dalam pembelajaran dan mengikat semua komponen pembelajaran seperti metode mengajar, materi ajar, sarana prasarana, media pembelajaran dan evalusai harus mengaju pada tujuan dan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
     Tujuan pendidikan bersifat abstrak karena memuat nilai-nilai yang sifatnya abstrak. Tujuan ini sifatnya umum, ideal dan sangat luas kandungannya sehingga sulit untuk direalisasikan. Oleh karena itu tujuan pendidikan perlu dibuat jelas, konkrit dan ruang lingkupnya terbatas. Atau tujuan pendidikan yang bersifat umum perlu dirinci menjadi tujuan yang lebih khusus agar mudah direalisasikan dalam prakteknya.
Tujuan pendidikan umumnya terbagi dalam empat jenjang yaitu :
1)      Tujuan Pendidikan Nasional
Merupakan tujuan pendidikan secara umum yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia secara nasional yaitu mewujudkan manusia Pancasila.
2)      Tujuan Institusional
Merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap institusi atau lembaga pendidikan. Tujuan institusional ini berbeda antara lembaga pendidikan yang satu dengan lembaga pendidikan lainnya. Misalnya tujuan lembaga pendidikan sekolah dasar tentu berbeda dengan tujuan pendidikan pada lembaga sekolah menengah dan sekolah tinggi. Selain itu, tujuan pendidikan kejuruan tentu berbeda dengan tujuan pendidikan sekolah umum. Jika setiap lembaga pendidikan dapat mencapai tujuan pendidikannya berarti tujuan pendidikan nasional pun sudah tercapai.
3)      Tujuan Kurikuler
Merupakan tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada masing-masing bidang studi. Tujuan kurikuler antara bidang studi yang satu berbeda dengan tujuan kurikuler pada bidang studi lainnya. Misalnya tujuan IPA, IPS atau Matematika.
4)      Tujuan Instruksional
Merupakan tujuan yang ingin dicapai pada setiap pokok bahasan dalam suatu bidang studi. Tujuan instruksional inilah yang dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disebut sebagai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik sehingga dapat dikatakan telah tuntas belajar.
     Secara keseluruhan tujuan pendidikan ini merupakan suatu kesatuan yang tak terpisahkan, dimana tujuan umum memberikan arah kepada semua tujuan yang lebih rinci dan tujuan yang khusus menunjang tercapainya tujuan umum. Karena merupakan suatu kebulatan maka dalam proses mewujudkannya perlu adanya kesepahaman bersama dan koordinasi yang baik sehingga memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Tujuan pendidikan ini juga bersifat hierarkis dimana untuk mencapai tujuan yang lebih umum maka perlu diwujudkan terlebih dahulu tujuan khususnya. Sehingga bila tujuan khusus telah tercapai maka scara eksplisit tujuan pendidikan yang umum pun telah tercapai.
C.     Cara Yang Ditempuh Untuk Mengetahui Pencapaian Tujuan Pendidikan.
Tujuan pendidikan akan dapat dicapai melalui aktivitas pendidikan. Cara yang dapat ditempuh guna mengetahui pencapaian tujuan pendidikan ini adalah melalui Evaluasi Pendidikan. Evaluasi pendidikan merupakan kegiatan evaluasi yang terjadi dalam keseluruhan aktivitas pendidikan guna mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensinya dalam upaya pengembangan seluruh aspek kepribadian peserta didik. Oleh karena itu setiap aktivitas pendidikan hendaknya dievaluasi pengaruhnya terhadap hasil belajar dan pencapaian tujuan sebab merupakan salah satu indikator keberhasilannya.
1.      Jenis-Jenis Evaluasi Pendidikan
dalam dunia pendidikan dikenal berbagai jenis evaluasi seperti :

1)      Evaluasi Penempatan
Merupakan evaluasi yang digunakan untuk menempatkan peserta didik dalam program pendidikan tertentu sesuai dengan karakteristiknya masing-masing agar dapat berkembang secara optimal.
2)      Evaluasi Diagnostik
Merupakan evaluasi yang gunakan untuk mengidentifikasi kelemahan kelemahan peserta didik dan faktor-faktor penyebabnya. Hasil evaluasi ini dimanfaatkan sebagai umpan balik bagi guru untuk memberikan bimbingan belajar dan remedial untuk memperbaiki hasil belajar siswa.
3)      Evaluasi Formatif
Merupakan penilaian yang dilakukan pada setiap berakhirnya satuan pembelajaran tertentu atau sesudah satu atau beberapa pokok bahasan selesai. Tujuannya ialah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan memotivasi peserta didik.
4)      Evaluasi Sumatif
Merupakan evaluasi yang dilaksanakan pada akhir program secara keseluruhan misalnya pada akhir semester. Tujuannya adalah untuk menentukan kemajuan dan hasil belajar peserta didik secara keseluruhan.
5)      Evaluasi Selektif
Merupakan evaluasi yang dimaksudkan untuk memilih peserta didik yang paling cocok untuk kegiatan pendidikan tertentu. Misalnya evaluasi dalam memilih peserta didik untuk mengikuti olimpiade atau juga seleksi penerimaan mahasiswa baru.
2.      Evaluasi Program Pengajaran
Merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sengaja untuk melihat tingkat keberhasilan program yang telah direncanakan sebelumnya. Sebelum seorang guru melakukan kegiatan pembelajaran terdahulunya perlu dipersiapkan suatu program pengajaran sehingga dapat melaksanakan program tersebut dengan efektif serta mencapai tujuan yang optimal. Untuk mengetahui apakah program yang dilaksanakan telah berhasil atau tidak perlu dilakukan evaluasi yang disebut sebagai evaluasi program pengajaran. Bila tujuan program pengajaran telah tercapai , bagaimanakah kualitas pencapainnya? Dan jika belum tercapai, perlu diketahui bagian manakah yang belum tercapai dan apa penyebabnya? Inilah yang menjadi tujuan perlunya evaluasi program pengajaran. Dengan mengetahui hasil evaluasi akan mempermudah dalam membuat  kegiatan tindak lanjut atau dalam membuat kebijakan selanjutnya. Ada empat macam kebijakan yang mungkin dapat diambil setelah evaluasi program dilaksanakan yaitu apakah program tersebut dilanjutkan, perlu disempurnakan, dimodifikasi atau juga dihentikan. Semua kebijakan yang akan diambil tentu berdasarkan data yang telah terkumpul di lapangan dan hasil analisis yang logis.
Dalam melaksanakan evaluasi program ada beberapa komponen dari program tersebut yang harus dievaluasi seperti input, guru, materi atau kurikulum, metode mengajar, sarana dan lingkungan.
1)      Input ( masukan)
Sebagai subyek belajar, siswa dengan segala keberagamannya perlu menjadi perhatian bagi guru sebab pemahaman akan keberagaman ini juga akan  mempengaruhi keberhasilan program pengajaran. Selain itu, dengan memahami segala perbedaan peserta didik, akan memudahkan guru dalam memberikan layanan belajar yang sesuai sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.
2)      Guru
Guru merupakan komponen penting dalam pembelajaran karena merupakan penanggungjawab terhadap seluruh proses pembelajaran yang berlangsung baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Dalam melaksanakan program pengajaran seorang guru harus mempunyai kesiapan baik dari aspek fisik maupun mental. Dalam proses pembelajaran, seorang guru perlu bersikap adil dalam memberikan pelayanan kepada peserta didiknya dengan tetap memperhatikan segala keberagamnya.
3)      Materi atau Kurikulum
Sebagai jantung pendidikan, kurikulum perlu juga dievaluasi sehingga dapat tercipta suatu hasil belajar yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni (IPTEKS). Jika kurikulum yang dipakai tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat maka perlu diganti atau dimodifikasi sehingga lebih relevan. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perubahan kurikulum seperti Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) diubah menjadi kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
4)      Metode atau Pendekatan Dalam Mengajar
Merupakan cara-cara yang dianggap jitu dalam menyampaikan materi ajar. Tidak ada satu pun metode dan pendekatan yang dianggap paling cocok untuk semua bidang studi. Karakteristik bidang studi yang berbeda satu sama lain berimplikasi pula dalam pemilihan metode belajar. Oleh karena itu perlu dievaluasi apakah metode yang dipakai sudah sesuai dan mampu mendorong tercapainya tujuan pembelajaran. 
5)      Sarana
Sarana belajar merupakan segala sesuatu yang pergunakan dalam kegiatan pembelajaran. Walaupun memiliki tenaga pendidik yang berkompeten namun tidak didukung oleh sarana parasana yang memadai maka tujuan pendidikan yang diharapkan tidak akan tercapai secara lebih optimal. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sarana prasarana berperan penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran. sehingga perlu dievaluasi tingkat efiktivitas dan efisiensinya.   
6)      Lingkungan
Yang termasuk dalam lingkungan pembelajaran adalah lingkungan manusia dan lingkungan bukan manusia. Yang termasuk lingkungan manusia ialah semua sumber daya manusia yang terlibat langsung proses pembelajaran peserta didik seperti seluruh staf sekolah, keluarga dan masyarakat. Sedangkan lingkungan yang bukan manusia merupakan segala sesuatu yang ada di lingkungan siswa yang turut berpengaruh terhadap hasil belajarnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Yang termasuk lingkungan bukan manusia adalah suasana sekolah, halaman sekolah, keadaan gedung, sarana lain, budaya serta situasi dan kondisi lingkungan siswa.

D.    Apakah Tujuan Pendidikan Sudah Terealisasikan?
Berbicara tentang apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum maka terlebih dahulu harus dipahami apakah indikator pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Untuk mengukur apakah tujuan pendidikan di suatu negara sudah tercapai atau belum maka tujuan yang ideal itu perlu dirincikan menjadi tujuan yang lebih sederhana lagi agar dapat diamati dan diukur tingkat pencapaiannya. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan pendidikan di Indonesia dapat dibagi dalam empat jenjang yakni tujuan pendidikan nasoinal, tujuan institusional, tujuan kurikuler, dan tujuan instruksional. Tujuan suatu pembelajaran akan tercapai bila dipersiapkan secara matang oleh pihak pendidik melalui suatu perencanaan pembelajaran yang baik dan sistematis. Bila dilaksanakan dengan sebaik mungkin maka tujuan pendidikan yang telah dirumuskan dalana tujuan pembelajaran akan terwujud. Pembelajaran dikatakan berhasil bila tujuan pembelajaran dapat dicapai dan dikuasai oleh peserta didik. Untuk dapat mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang telah diajarkan, perlu dilakukan evaluasi. Indikator keberhasilan ini dapat diketahui dari hasil evaluasi. Jika sebagian besar peserta didik telah menguasai dan memahami materri yang diajarkan maka dapat dikatakan tujuan pembelajaran telah tercapai. Biasanya para pendidik mencantumkan derajat tingkat keberhasilan dalam rencana pembelajarannya seperti pembelajaran dikatakan berhasil jika 80 % peserta didik menguasai materi yang diajarkan sebesar 75 %.  Bila setiap pembelajaran yang berlangsung dapat mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal maka tujuan kurikulernya telah tercapai pula. Dan bila seluruh lembaga pendidikan dapat mewujudkan tujuan pendidikan pada masing-masing lembaganya maka tujuan pendidikan yang diinginkan oleh negara tersebut telah tercapai. Namun bila dalam pelaksanaannya tujuan pendidikan belum tercapai optimal maka perlu dilakukan upaya tindak lanjut guna memperbaikinya seperti adanya program remedial serta layanan belajar lainnya.  Selain melakukan upaya ini, rencana tindak lanjut dapat juga berupa adanya revisi pada komponen-komponen yang terlibat dalam aktivitas pembelajaran sehingga dapat berfungsi lebih efektif dan efisien. Upaya revisi ini dimaksudkan untuk memperbaiki kinerja seluruh komponen agar dapat menghasilkan out put yang bermutu yang tanggap terhadap perkembangan IPTEKS serta sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.


    Kesimpulan
Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif dan berhasil bila dapat mewujudkan tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya. Hal ini berimplikasi pada perlunya persiapan dan kesiapan yang matang dan sistematis dari pihak pendidik sehingga diperlukan adanya persiapan mengajar yang disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Bila telah direncanakan dan dilaksanakan dengan sebaik mungkin maka pembelajaran akan berhasil dan dapat tercapai tujuan pembelajarannya. Untuk dapat mengetahui apakah tujuan pembelajaran telah tercapai atau belum maka dilakukan evaluasi baik evaluasi formatif maupun evaluasi sumatif. Hasil evaluasi dapat dijadikan umpan balik bagi pendidik untuk melihat tingkat keberhasilan pembelajaran yang diampunya. Selain itu, hasil evaluasi juga dapat digunakan dalam menentukan keputusan atau kebijakan selanjutnya seperti memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik yang belum tuntas serta pengayaan bagi siswa yang telah tuntas belajarnya. Bila tujuan pembelajarannya belum tercapai optimal maka selain melakukan upaya perbaikan bagi peserta didiknya, perlu juga di lakukan evaluasi terhadap komponen-komponen yang terlibat dalam seluruh aktivitas pembelajaran seperti pendidik, materi atau kurikulum, metode atau pendekatan pembelajaran, sarana prasarana, dan lingkungan. Sebab pendidikan merupakan sebuah proses yang sistematis yang mana setiap komponennya saling terkait dan menunjang. Bila salah satu komponennya bermasalah maka akan menghambat tujuan yang telah ditetapkan sehingga perlu dievaluasi dan dicarikan solusi yang efektif. Namun bila tujuan pembelajaran telah tercapai maka dapat dikatakan bahwa tujuan pendidikan pun telah tercapai. Indikator keberhasilan pendidikan adalah bila tujuan pendidikan yang telah dirumuskan dapat tercapai dan dikuasai oleh peserta didiknya. Selain itu, bila out put yang dihasilkan dapat menerapkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat dengan baik maka dapat dikatakan bahwa tujuan pendidikan telah terealisasikan.
     Saran
Dalam makalah ini penulis ingin menyampaikan saran kepada :
1.      Para pendidik diseluruh Indonesia agar dapat mempersiapkan pembelajaran secara lebih baik sehingga dapat melaksanakan dengan baik pula dan dapat mewujudkan tujuan pembelajarannya. Gagal merencanakan = merencanakan kegagalan
Selain itu, perlu melakukan evaluasi agar dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran dan dapat menjadikan hasil evaluasi sebagai bahan introspeksi diri tentang kinerja kita sebagai seorang pendidik.
2.      Para pengambil kebijakan dalam pendidikan agar lebih memperhatikan seluruh komponen yang terlibat dalam pendidikan.sehingga bila pembelajaran belum mampu mewujudkan tujuan pendidikan jangan cuma menyalahkan guru. Sebagai sebuah sistem, tentu banyak faktor yang mempengaruhinya. Buatlah kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan.
3.      Rekan-rekan mahasiswa calon guru SD agar lebih giat lagi mempelajari tentang evaluasi pendidikan sebab dengan memahami pentingnya evaluasi kita dapat melaksanakan tugas kita sebagai pendidik dengan baik dan benar.












                                   
DAFTAR PUSTAKA


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Sukardi, Musa dan Tumardi,  2000. Evaluasi Pendidikan. Malang : Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.

Tayibnapsis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo, 1994. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Biro Hukum dan Organisasi Sekjen SEPDIKNAS : Jakarta

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/1787120-tujuan-dan-sumber-pendidikan/




25 komentar:

  1. Artikelnya bermanfaat.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus
  3. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Nyonya Nurliana Novi, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar mendukung saya melalui ibu yang baik Nyonya Elina

     Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya kepada Nyonya Elina, yang adalah pemilik dari sebuah perusahaan pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk mengajukan permohonan dari Nyonya Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan menyarankan Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain online menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya adalah satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati dari orang-orang ini baik-baik saja

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  4. Halo
    Semua orang saya Mrs.SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin membagikan Kesaksian saya karena ALLAH menyukai saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk memiliki pinjaman kemudian saya bertemu dengan orang-orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu mereka semua scam. Saya SCAMMED dari 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. maka saya bingung, seluruh hidup saya hilang. suami saya sakit dan ada tagihan rumah sakit untuk membayar jutaan, yang bisa saya pikirkan pada saat ini adalah berhasil, teman saya bernama Evi datang menemui saya pada hari yang setia itu, dia juga korban penipuan, dia mengatakan kepada saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang berkeinginan untuk membuat kekayaan, dia meminta saudara perempuannya untuk membantu saya merawat suami dan anak-anak, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua pembicaraan multivation, dia bertanya kepada kami pertanyaan "APAKAH ANDA SIAP MENGAMBIL RESIKO DAN MEMBUAT KEKAYAAN" dengan keberanian di jemaat kecil itu saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis , dia berkata kepada kami, "AKU TIDAK AKAN MEMBERIKAN UANG, AKU AKAN MENGAJARKAN ANDA BAGAIMANA MENGAMBIL RESIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA," dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksi melalui ibu besar ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, sebuah perusahaan pinjaman online, segera saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi ibu Elina's Company, seperti yang diarahkan oleh ibu Nurliana Novi dari konferensi, teman saya dan saya mulai memproses sementara ibu Novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima panggilan dari teman saya yang memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari banknya, pinjamannya telah disetor, sudah terlambat jadi saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk mengonfirmasi, di pagi hari ada peringatan datang, saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, setelah mengikuti proses hukum.
    kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, lalu ibu Novi meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami tiba di tempat tersebut dan melihat pameran luar negeri tentang perdagangan dan investasi, kami diberikan kuliah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui ibu Elina conection saya mulai mengimpor dan hari ini suami saya dan saya telah mendirikan dua perusahaan besar senilai MILIARAN.
    Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapat giliran positif dalam hidup Anda, inilah emailnya elinajohnson22@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya safrilita1988@gmail.com, untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda meragukan saya, saya siap untuk menunjukkan semua bukti sehingga Anda akan tahu ini bukan hanya sebuah cerita.
    Catatan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang yang diperoleh dengan susah payah, harus mereka pergi ke sejauh membuat situs web pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web adalah palsu, mereka semua penipu.
    Jadi hubungi ibu perusahaan Elina sekarang dan Anda akan memiliki pinjaman Anda ditransfer kepada Anda ketika Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi di sini adalah emailnya elinajohnson22@gmail.com, ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan kebenaran dan tidak ada yang lain selain kebenaran .

    BalasHapus
  5. "Alhamdulillah"

      Saya, Okta Mira adalah blogger terkenal yang memiliki gairah untuk blogging dan juga untuk terus berinvestasi dalam bisnis online karena jumlah uang yang sangat besar yang terlibat di dalamnya pada saat saya merasa sangat nyaman dengan pendapatan konstan yang saya dapatkan setiap minggu tapi pada waktu saya mengalami kekurangan karena beberapa transaksi tertentu jadi saya merasa bangkrut sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman karena saya sangat yakin bahwa seiring berjalannya waktu saya akan kembali lagi ke standar keuangan saya sebelumnya, jadi saya melewati berbagai kreditur Iklan yang saya lihat di blog saya tapi yang terlintas dalam pikiran saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM walaupun saya takut sebenarnya karena berita yang saya dengar dari orang-orang tentang pemberi pinjaman online tapi saya harus mengambil keputusan sendiri tanpa mendengarkan orang lain jadi saya menghubungi ibu melalui email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) maka saya dibawa melalui proses yang sah dan saya harus mengumpulkan keberanian untuk menyelesaikan prosesnya dan akhirnya pencairan pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang. Itu tiga hari kerja dan pinjaman saya dicairkan dengan sukses
      Saya tidak bisa menyembunyikan kegembiraan yang harus saya hubungi sebagian besar teman saya yang adalah debitur dan juga yang mengalami kesulitan keuangan untuk menjadi ibu yang kontroversial dan semua mereka lakukan sekarang, saya senang memberi tahu Anda semua bahwa mereka semua merayakan seperti saya jadi jika Anda Mau kontak langsung dengan Ibu Iskandar silahkan hubungi dia melalui alamat lengkap di bawah ini
    Email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    Website:(iskandarlestari.wordpress.com)
    Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}
    Facebook::(www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    BBM INVITES:{D8980E0B}{4424A)
        Ibu Iskandar selalu online 24 jam sehari dan tentu saja 7 hari seminggu jadi tolong jangan takut dia dan anggota staf sangat ramah, jujur, jujur ​​dan berkomitmen untuk mengurangi layanan mereka kepada pelanggan mereka jika Anda ingin menghubungi saya untuk pertanyaan apapun mengenai pinjaman silahkan hubungi saya melalui email: (oktamira2030@gmail.com)

    BalasHapus

  6. Halo,
    Mencari pinjaman? Anda adalah tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Limited memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau 2%. kepada semua staf atau orang, silakan hubungi kami untuk bantuan keuangan yang mendesak atau membuat stres, kami bangga dengan komitmen kami kepada pelanggan kami; Harus diakui, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman bisnis / investasi, pinjaman jangka pendek untuk mulai berpikir tentang mendapatkan pinjaman? Apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman darurat untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda berutang padaku Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami menyediakan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis dan perusahaan dan semua jenis pinjaman, Anda dapat menghubungi Mrs. Augusta Ibramhim dan cukup untuk masuk dengan Mrs. Augusta Ibramhim melalui email: augustaibramhim11 @ gmail .com Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: juliasimon460@gmail.com. jika Anda memiliki keraguan. tolong, dia satu-satunya yang bisa dipercaya dan bisa dipercaya.
    Terima kasih.

    E-mail: augustaibramhim11@gmail.com


    (APLIKASI DATA HUTANG)

    Nama depan............................
    Nama tengah:.................
    Nama Belakang: ....................... Alamat: .... .................. ..
    Kota:...........................
    Negara:........................
    Kode Pos:.....................
    Negara:........................
    Telepon selular:.....................
    Telepon rumah:.....................
    Alamat saat ini:..........


    (INFORMASI PRIBADI)

    Status pernikahan:....................
    Tanggal: .................................. Umur: ......... Jenis Kelamin:. .......
    Pendapatan bulanan: .........
    Pendapatan tahunan: ........
    Jenis pinjaman: .......

    (INFORMASI KETENAGAKERJAAN)

    Pendudukan:..................
    Nama Perusahaan :..............
    Alamat bisnis: .............
    Telepon kantor: ...........
    Posisi / Judul: ................

    (INFORMASI PINJAMAN)

    Tujuan Pinjaman: ..............
    Jumlah pinjaman: ................
    Durasi Pinjaman: ..............

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah membantu Anda mendapatkan layanan yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik. Pelamar yang tertarik harus menghubungi kami melalui email:
    Ny. Augusta Ibramhim GCF
    Website.http perusahaan: //www.limitedfinanc.com.
    Nomor WhatsApp: +1(772)261-2533
    Alamat email: augustaibramhim11@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 877-8303-2269
    WhatsApp: +62 877-8303-2269
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7 miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia (BI) karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini melalui llow informasi kontak
    (e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  9. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus
  10. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pinjaman peminjam di internet dari NIGERIA dan lainnya bagian dari AFRIKA,

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan Rp18,7 juta, untuk seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang Access Loan Firm, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari LADY ESTHER, jadi I Screams menuangkan dan menghubungi LADY ESTHER. via email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya diperintahkan untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit I dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp200 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman awal saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER dengan baik melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  11. Nomor Whatsapp saya: 62 838-2119-1900
    Email saya: (parwatidudi350@gmail.com)
    Mrs Rebecca Walker (rebeccawalker700@gmail.com)
    Nama saya Ny. Parwati Dudi, saya seorang wanita bisnis dari Indonesia. Saya kehilangan uang, tetapi Indonesia 20 juta rupiah karena pemberi pinjaman palsu, toko saya sudah tutup dan saya kehilangan harapan dalam hidup pada hari ini yang setia ketika saya pergi melalui internet. melihat kesaksian online tentang seorang teman yang mendapat pinjaman `dari Ny. Rebecca Walker. Saya diberitahu bahwa dia adalah ibu yang jujur, jadi saya mengajukan pinjaman 100 juta rupiah Indonesia dari ibu jadi setelah proses pinjaman, pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya dan hari ini, saya punya toko saya menjalankan bisnis saya dan hari ini saya telah melunasi hutang saya, semua berkat Ibu Rebecca Walker dia adalah ibu yang baik Jadi saya berjanji untuk bersaksi dan membagikan kabar baik saya setiap hari dan Anda juga dapat menghubungi email ibu (rebeccawalker700@gmail.com)
     jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Mother Rebecca Walker, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di nomor Whatsapp saya: 62 838-2119-1900
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (parwatidudi350@gmail.com)
     semoga Tuhan terus memberkatinya dan melindunginya karena dia adalah orang yang baik.

    BalasHapus
  12. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman palsu di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu.

    Saya telah menjadi korban penipuan pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasinya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM.

    Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda sebaiknya menghubungi SANDRAOVIALOANFIRM.

    Email: sandraovialoanfirm@gmail.com
    Nomor kontak dewan direksi: +12512278012
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  13. Semua terima kasih kepada ibu KARINA ROLAND karena telah membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang bersikeras untuk menjadi pemberi pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan yang saya dapatkan hanyalah scammer, saya mendaftar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya putus asa sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya sedang mencari dan saya menetap untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali, saya pikir itu scam tetapi saya melakukan apa yang diminta untuk saya lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND memberi tahu saya dalam waktu kurang dari 24 jam Anda akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur keesokan paginya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk mengonfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi ketika saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yaitu Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman secara online dan bank saya Manajer kaget jika ada masih perusahaan pinjaman online yang nyata dan sah saya sangat senang semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itulah sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum melamar dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam Hormat kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  14. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  15. I LEONY DORA PATTY dari Perum Ivory, jl. Kendangsari III / 20A, kav.B6, Surabaya, ingin mengucapkan selamat kepada Ibu Rika Anderson Lender atas dana puasa dan uang yang mereka pinjamkan kepada saya tanpa agunan.

    Saya mendapat $ 6.214.00 (Rp91.041.936) dari ibu Rika dengan bunga 2% untuk menyelamatkan hidup saya, pendidikan anak saya dan perkembangan usaha.

    Kontak melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    WA + 1-323-689-3663

    Nomor Whatsapp Saya: +62818-9018-540
    Email: nyratyy@gmail.com
    Negara: Indonesia
    Kota: Surabaya
    Jumlah: $ 6.214.00 (Rp92.000.000)
    Tanggal: 03 Agustus, 2020
    Instagram: nyratyy
    Twitter: @DoraLeony

    BalasHapus
  16. Nama saya Novia Antonus, Pemilik petshop dan sebuah toko pakaian di Malaysia, saya ingin menceritakan kisah saya kepada dunia dan bagaimana saya mendapat pinjaman dari RIKA ANDERSON LOAN INVESTMENT COMPANY untuk memulai bisnis SAYA., Beberapa bulan yang lalu, Saya tidak punya uang atau pekerjaan untuk memulai bisnis toko, jadi saya mulai mencari pinjaman di bank dan pemberi pinjaman di mana-mana tetapi tidak ada yang mau membantu saya.

    Jadi saya putus asa dan mencari online tetapi saya tertipu karena biaya pendaftaran tetapi tidak ada pinjaman yang diberikan kepada saya. Saya hampir menyerah tapi saya membaca artikel yang ditulis oleh seorang wanita tentang bagaimana dia mendapat pinjaman di facebook dan blog testimoni dari RIKA ANDERSON LOAN AND BITCOIN INVESTMENT COMPANY.

    PINJAMAN DAN INVESTASI BITCOIN RIKA ANDERSON memberi saya pinjaman 2% sebesar $ 25.000 pada Maret 2020 dan dapat menawarkan jumlah berapa pun yang Anda inginkan. Ini adalah satu-satunya perusahaan online, jadi Anda dapat mengubah cerita.

    Hubungi PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN DAN BITCOIN RIKA ANDERSON Via
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +1323689 3663
    Nama saya Novia Antonus
    Negara: Malaysia
    dan saya di: noviaantonous@gmail.com

    BalasHapus
  17. Salam untuk seluruh WNI, nama saya NOVITA CAROLINA, TOLONG saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua WNI berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, ALLAH mendukung saya melalui ibu saya yang baik Ivana Pedro, Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, kemudian saya memutuskan untuk mengajukan melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya sedang mencari pinjaman (Rp 2 Miliar) setelah membayar biaya dan tidak mendapatkan pinjaman apapun. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya, Asmaul, dia kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu IVANA PEDRO, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama OCEAN CREDIT LOAN sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu Ivana, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Nyonya Ivana.

    Saya mengajukan pinjaman Rp2,5 miliar dengan tingkat bunga 2%, jadi pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya suruh. mendapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah 2,5 miliar. Saya sangat senang akhirnya ALLAH menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberikan saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi Anda nasihat tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ibu Ivana Pedro yang telah membuat hidup saya lebih mudah, maka saya menyarankan siapapun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Ibu Ivana Pedro melalui email: (ivanapedro85@gmail.com) atau OCEAN CREDIT LOAN email: info@oceancreditloan.com

    Anda juga dapat menghubungi Ibu Ivana Pedro melalui nomor WhatsApp: +1-346-367-2942

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya NOVITA CAROLINA, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (novitacarolina34@gmail.com)

    BalasHapus
  18. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda membutuhkan dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  19. Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami, klien dan pelamar Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayai segera, kami dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Pinjaman.
    Kredit kepemilikan rumah.

    HUBUNGI PERUSAHAAN PINJAMAN:
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Pelanggan: +1(929)526-0086
    Obrolan Whatsapp: +1(929)526-0086
    W / A: +6285854125084
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: @LoanRika
    Markas Besar: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
    Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung New York County, NY9016 34001

    BalasHapus
  20. Nama saya Siti Maria, dari Indonesia.
    Saya menghubungi Ibu RIKA ANDERSON LOAN INVESTMENT untuk pinjaman bisnis tanpa jaminan sebesar $10,000 Kemudian saya diberitahu tentang langkah menyetujui jumlah pinjaman yang saya minta.

    Setelah mengambil risiko lagi karena saya begitu putus asa untuk mendirikan bisnis yang sangat mengejutkan saya, jumlah pinjaman disetujui dan dikreditkan ke rekening bank saya dalam waktu 7 jam perbankan tanpa stres untuk mendapatkan pinjaman saya.

    Saya terkejut karena saya adalah korban penipuan pertama! Jika Anda tertarik untuk mengamankan jumlah pinjaman tanpa jaminan & Anda berada di negara mana pun, saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN RIKA ANDERSON melalui

    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    Email rikaandersonloancompany@gmail.com

    untuk pertanyaan dan penjelasan
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    WA: +6285854125084
    Siti: mariasity62@gmail.com

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum warga negara Indonesia semua, nama saya lazu dorin tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah sangat mendukung saya melalui kebaikan Ibu Maria Gabriel. Setelah beberapa waktu mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya tertipu dan saya kehilangan lebih dari 82 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Bu Maria Gabriel, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Maria, jadi saya mengumpulkan keberanian dan memanggil ibu Maria.
    Saya mengajukan pinjaman 950 juta dengan tingkat bunga 3%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk pinjaman transfer I hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 72 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 950 juta. Saya sangat senang akhirnya Allah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Allah memberkati Ibu Maria Gabriel untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria melalui email: (mariagabrielam11g@gmail.com) Atau Hangout:mariagabrielam11g@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati dengan orang-orang ini. Akhir kata saya ingin mengucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Tuhan melakukan kehendak-Nya Amin...

    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  22. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  23. Selamat Siang Semuanya!!!

    Nama saya Mr Rashid Husaen dan saya dari Jawa Barat, indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia hari ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang untuk mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa pendapatan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan segalanya menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya


    Sampai saya melihat postingan ibu nyonya maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi yang mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : ( mariaalexander818@gmail.com ) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. siapa saja yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubunginya Via

    email: ( mariaalexander818@gmail.com )
    whatsapp: (+1 254-276-8402 )

    Anda dapat menghubungi saya Pak Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

    Allah Maha Besar
    Terima kasih semuanya

    BalasHapus
  24. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddyteddy2234@gmail.com

    BalasHapus